Lompat ke konten

SMPN 6 Kota Kediri

“BIDADARI” Sebuah solusi pemanfaatan sampah dari SMP Negeri 6 Kediri

  • oleh

Sampah merupakan permasalahan yang selalu ada dimana – mana tak terkecuali di sekolah, begitupun di SMP Negeri 6 Kediri. Dengan produksi sampah dalam volume besar setiap harinya, menuntut kita untuk membuat inovasi yang dapat menekan produksi sampah di SMP Negeri 6 Kediri.

Daun kering merupakan salah satu sampah yang paling banyak dapat kita temui di sekolah, jika dibiarkan tanpa solusi dan penanganan yang tepat tentu masalah sampah ini akan semakin parah setiap harinya. karena jika dimusnahkan dengan cara dibakar justru akan menimbulkan permasalahan baru yaitu pencemaran udara yang mengancam kesehatan warga sekolah atau lingkungan sekitarnya.

Maka dari itu SMP Negeri 6 Kediri mencoba membuat solusi dari masalah ini, ada satu cara yang unik dan mungkin masih jarang diterapkan oleh sekolah lain. “BIDADARI” kepanjangan dari Briket Dari Daun Kering, sesuai dengan namanya briket ini memanfaatkan daun kering sebagai bahan utamanya.

Bagi yang belum tahu, briket adalah sebuah balok bahan padat yang dapat dibakar untuk digunakan sebagai bahan bakar alternatif atau pengganti bahan bakar minyak, kayu yang berasal dari limbah. Briket dari SMP Negeri 6 Kediri dengan bahan dasar daun kering ini merupakan solusi nyata untuk menekan volume sampah.

ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari pembuatan briket ini, dua diantaranya kita bisa mengurangi volume sampah di lingkungan sekolah secara signifikan. Kedua, lebih lanjut briket ini bisa kita manfaatkan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah atau gas dalam kegiatan memasak.